CERITA LAHIRAN RAFKA (PART 1 - Perjalanan dari Indonesia ke Belgia)


Kali ini mau sharing soal cerita terbang ke Belgia dalam kondisi hamil gede 😁
Aku dateng ke Belgia pas usia 31 minggu + 5 hari kehamilan alias hampir 8 bulan. Aku dan suami milih maskapai Garuda, nyari yang masih kasih kelonggaran buat ibu hamil gede buat bepergian jauh. Tau nya darimana? bisa cek di web masing-masing maskapai. Ni aku coba cariin link info dari Garuda. 
Ketemu nih 😁 https://www.garuda-indonesia.com/id/en/garuda-indonesia-experience/on-ground/traveling-procedures-for-expectant-mothers.page?
buat maskapai lain bisa pake keyword "xxxx airlines, expectant mothers"
di google.

Waktu itu aku ngejar banget bisa berangkat sebelum usia kehamilan nyampe 32 minggu (32w), biar ga perlu cek kesehatan di Garuda nya, karena kudu ke Jakarta dulu, dan mahal lagi. Dulu kalo ga salah 700 ribu. Alhamdulillah bersyukurnya visa family reunion dari Belgia dapet pas umur-umur 30 minggu, jadi bisa berangkat sebelum usia kandungan 32w. Syarat keberangkatan bagi ibu hamil adalah menyertakan surat keterangan sehat dan aman terbang dari dokter kandungan, dan mengisi form pernyataan dari Garuda terkait kesediaan menanggung resiko penerbangan tsb terhadap kehamilan. Form ini ntar dikasi pas lagi check in di bandara. Oya surat keterangan sehat dari dokter kandungannya ga boleh lebih dari seminggu yaa (seingetku). Jadi kalo mau kontrol kandungan mending deket2 dari keberangkatan aja, dulu aku jadi periksa dua kali, huhu, nombok 250 ribu buat surat doang :(

Akhirnya hari yang ditunggu tiba juga.
Aku bawa satu koper gede (berat sekitar 25 kg), satu tas ransel isi makanan dan cemilan, dan bantal kecil buat sandaran punggung ntar di pesawat. Sama nyiapin jaket buat dipake di dalem pesawat, karena seringnya kerasa dingin banget kalo penerbangan malem, meskipun ntar dikasi selimut juga si tapi kurang nampol kalo tanpa jaket, wkwk.

Di bandara aku minta bantuan bapak-bapak porter. Sebenernya si bapak ga boleh dibayar karena udah digaji sama bandara, tapi aku tetep ngasih si (sukarela, bapak nya engga minta ko)  cuman sembunyi-sembunyi. Nah, si bapak yang bantu dorong bawaan pake stroller, angkat koper waktu scanning koper, juga pas check in. Alhamdulillah di Indonesia mah banyak kemudahan yak :D

Untuk penerbangan ini aku ga bisa reserve seat (milih kursi di kabin) jauh-jauh hari karena ternyata penerbanganku ni penerbangan promo. Jadi waktu check in, aku minta dipilihin kursi bagian depan biar bisa lega selonjorannya. Tapi ternyata ga bisa karena diperuntukkan buat penumpang yang bepergian dengan bayi atau balita. Terus sama petugas aku dipilihkan kursi di pinggir dekat jalan (koridor), biar gampang jalannya kalo ada perlu ke kamar mandi. Biasalah ibu-ibu hamil suka rajin ke kamar mandi :D

Pas mau masuk gate, aku ngasiin form pernyataan tadi ke petugas gate. Terus sama si mas aku diarahkan buat nunggu di kursi depan biar ntar pas boarding bisa duluan. Keistimewaan ibu hamil adalah saat boarding aku dipanggil duluan dong, bareng sama kelas bisnis eksekutif. Jadi aku bisa leluasa jalan tanpa antri dan segera bisa duduk di kursi kabin.

Di kabin, Alhamdulillah nya, aku dapet temen sejejeran orang Indonesia, kakak beradik yang baik dan ramah. Lumayanlah kalo pas makan gitu ada temennya ngobrol *karena selain pas makan, kebanyakan aku tidur, wkwk. Juga mereka care si, kayak nawarin mau nambah minum/camilan ga..

Selama perjalanan, punggungku aku ganjal pake bantal sofa yang bawa dari rumah Serang. Waktu itu mamah bikinin sarung bantal baru, motif batik haha. Mamah emang the best. Bantal ini ngebantu si, karena dari maskapai kita cuma dapet satu bantal seingetku, aku pake buat nyangga tangan. Perjalanan Jakarta-Amsterdam nonstop 13 jam. Untuk ibu hamil, terutama yg udah hamil besar kayak aku, harus sering-sering berdiri atau jalan di koridor biar kaki ga bengkak. Jadi setiap 30 menit aku usahain berdiri atau jalan ke toilet. Itulah fungsinya pilih tempat duduk deket koridor. Saran juga, untuk sering-sering dan jangan sungkan minta air putih yaa bagi bumil.. Aku beberapa kali manggil pramugari untuk minta air dan mereka dg ramah mau bantuin.

Alhamdulillah perjalanan non-stop 13 jam udah berlabuh di Amsterdam. Aku udah deg-degan karena transit cuma satu jam sedangkan waktu itu landing nya mundur 10 menit. Lalu, mungkin karena Amsterdam ini pintu masuk ke Eropa dari berbagai belahan dunia yaa jadi pas turun, masih di cek keamanan lagi. Padahal biasanya cukup check in pas mau ke gate kan kalo penerbangan transit gitu (emm iya ga yaa, lama bgt ga naik pesawat si sejak covid nih, jadi lupa-lupa inget wkwkw). Eh laaah ada kejadian itu tas ku bunyi kedeteksi ada logam. Bongkar-bongkar tas ransel sampe dua kali karena ga ketemu apa benda logam nya. Ternyataaa itu gara-gara jarum peniti kerudungku, Ya Rabb. Udahlah makin buru-buru itu takut ketinggalan pesawat ke Belgia.

Dengan setengah berlari, aku menuju ke gate.
Dalam hati sambil berdoa terus minta dikasi jangan ketinggalan, dan semoga dede bayi di perut kuat diajak agak berlari. Daaaan masih harus antri imigrasi, yang itu panjaaan mengekor. Ada jalur cepat untuk yg boardingnya udah tinggal satu jam lagi. Aku termasuk dong. Aku mintalah masuk ke jalur khusus itu. Eh ko ditolak sama bapak petugasnya, katanya oh engga belum nih masih satu setengah jam lagi. Padahal 1.5 jam itu pesawat berangkat, boardingnya kan max 20 ato 30 menit sebelum jam berangkat 😖. Aku keukeuh minta dua kali ke si bapak, bapaknya keukeuh juga nolak aku wkwkwk. Ya sudah, aku terus berdoa aja dalam hati.


Lalu.. akhirnya aku dapet giliran imigrasi. Sama petugas ditanya standard, tujuannya kemana, keperluannya apa gitu itu.  Setelah itu aku cek lagi pesawatku gate berapa. Ya Allah... alhamdulillah ada pengumuman pesawatku delay 😭 aku ga ketinggalan pesawat, malah alhamdulillah sempet duduk-duduk sebelum boarding. Rejeki Rafka banget ini. Denger cerita sebelumnya, temenku, dengan jenis penerbangan yang sama harus ketinggalan pesawat ke Belgia karena transit yang pendek dan dia sempet nyasar. Buntutnya rada ribet, harus urus bagasi dll. Karena bagasi kita mah udah diikutin ke pesawat yg ke Belgia sedangkan kitanya masih ketinggalan di Amsterdam wkwkw.

Perjalanan dilanjutkan dengan durasi Amsterdam-Brussels cuma 1 jam.
Ini bener-bener naik pesawat tersingkat yang pernah aku lalui. Jadi kayak baru take off, nyampe langit bentar, eh dah landing haha. Pramugari/a langsung bagiin minum dan roti begitu beres take off. Abis bagiin langsung landing lagi 😂
Teteeup seperti perjalanan Jkt-Ams aku minta air putihnya dobel, bumil kudu banyak minum air. Singkat cerita alhamdulillah nyampe di rumah Belgia dengan selamat, bengkak sedikit di kaki tapi udah ilang setelah tidur selonjoran seharian :D


Gitu dulu yah Part 1 ini. Semoga ada manfaatnya..



Schapenstraat, Leuven
Waktu nunggu boarding di Soetta 😂





Comments

Popular Posts