CERITA LAHIRAN RAFKA (PART 2 - pindahan)

Naamsestraat, Leuven

Assalamualaikum,

Akhirnya nulis di blog lagi, menyambung cerbung yang disambungnya entah setaun sekali belum tentu haha. Oke, kita lanjut yaa, di part 1 aku ceritanya sampe tiba di Belgia.

Seminggu setelah aku nyampe, aku dan suami urus asuransi untuk dapetin kartu kuning sejenis kartu bpjs gitu. Alhamdulillah dipermudah, meski ID Belgia ku belum keluar, udah bisa langsung dikasi kartu kuning (sementara) hari itu juga. Lanjut, kami dateng ke rumah sakit. Waktu itu ga pake bikin appoinment karena kalo nunggu appoinment harus ngantri dulu plus aku belum punya ID card. Juga mikirnya kalo kami langsung ke RS (UZ Leuven; Universitair Ziekenhuis alias University Hospital Leuven), mereka akan tau kondisi ku yg udah hamil 8 bulan dan harapannya bisa dapat prioritas. 

Pertama kami antri di resepsionis utama untuk didaftar sebagai pasien baru. Baru setelah itu diarahkan ke poli kandungan. Di poli kandungan, data ku udah masuk, tapi ada data tambahan yang perlu disampaikan seperti usia kehamilan. Alhamdulillah nya, karena tau aku udah 8 bulan, langsung dibuatkan jadwal kontrol hingga hari perkiraan lahir. Waktu itu udah musti dua minggu sekali lalu seminggu sekali kontrol nya. Namun, karena dadakan dan mendesak, aku harus sempat ganti bidan karena dicarikan bidan yg available di tanggal-tanggal tersebut.

Di kontrol pertama, aku dimintai data-data kontrol kandungan di Indonesia. Aku sampaikan beberapa surat keterangan dokter di Indonesia dan print out USG. Lalu ditanya, udah pernah tes kandungan (aku lupa nama tes nya, kalo ada yg tau, komen yaa) di kehamilan 3 bulan ga? buat ngecek apakah ada kelainan genetik dll di janin. Daaan aku ga punya.

Kontrol kedua aku cek USG, alhamdulillah janin sehat. Tiap kontrol dilakukan pemeriksaan berat badan, tekanan darah, juga gula dan protein pada urin. Di USG nya cuma sekali seingetku, selebihnya pemeriksaan manual pake tangan untuk cek posisi janin dan ukuran. Aku lupa, untuk tes detak jantung janin apakah pake alat atau stetoskop. Saat masuk 9 bulan, ditanyakan rencana lahiran apakah mau normal/sesar, epidural/no epidural. Tapi ini fleksibel si, bisa disesuaikan dengan kondisi lahiran nanti. Waktu itu si aku pilih coba normal no epidural, haha.

Di UZ Leuven juga beberapa kali diadakan semacam maternity course gitu. Kami ikut sekali yang ada RS tour nya buat tahu prosedur lahiran, kamar lahiran, dan ruang inap nya. Ternyata ada biayanya, wkwkw. Ga mahal si, 16 euro sekali pertemuan.

Waktu itu kami masih tinggal di studio untuk couple di Waterview residence, milik swasta tapi dikelola oleh KU Leuven. Sebenernya di kontrak tertulis hanya boleh ditinggali oleh dua orang, tapi dari awal kami udah komunikasikan ke pengelola bahwa pada bulan Mei insyaallah bakal lahiran anak. Mereka ngasih kelonggaran, boleh tetap stay sampai kontrak kami habis. Meski gitu, suami tetep apply apartemen untuk 3 orang ke residence bersubsidi punya KU Leuven, Holleberg residence di Schapenstraat 37. Kami sampaikan kondisi kami yang segera akan punya anak. Dan alhamdulillahi rabbil alamiin, itu apartemen yang biasanya ngantri nya harus setahun sebelum, ini alhamdulillah pas ada yang kosong, baru abis direnov dan kontrak kami bisa dioper ke residence baru. Jadi sisa kontrak di studio lama bisa di stop lebih awal dan ga kena penalti, lanjut bayar di apartemen baru.

Apartemen baru kami no 03.27, bisa ditempati mulai 19 Mei 2017, seminggu sebelum HPL. Bismillah kami segera packing-packing, sambil berdoa dan bilang ke dede dalam kandungan semoga lahirannya pas udah pindahan. Alhamdulillah 19 Mei sore kami mulai pindahan yang pertama, baru barang-barang inti aja kayak baju dan sprei kasur wkwk. Jam set 10 malem baru mulai rebahan di apartemen baru sambil mengucap syukur apartemennya nyaman. Jam 12 aku merasa ada dorongan untuk ke kamar mandi. Eh ternyata ini beda, bukan dorongan usus besar wkwkw, lalu ku sadar sepertinya udah mulai kontraksi. Udah deh dari situ coba tidur ga bisa, dan mulai makin kerasa sakit nya. Eh ndilalahnya buku kehamilan plus nomor call center nya ketinggalan di rumah lama wkwkw. Panduannya si, kalo udah kerasa bukaan disuruh telp ke call center poli kandungan buat didiagnosis udah waktunya ke RS atau belum. Disini, kalo belum bukaan 5 atau 6 suruh di rumah dulu, kecuali udah rembes atau pecah ketuban. Pernah temen dateng baru bukaan 3 disuruh pulang lagi dong hahaha.

Sekitar pukul 4-5 aku amati udah ada cairan rembes, aku takutnya itu ketuban. Jadilah tanpa telpon ke call center dulu kami langsung pesen taksi dan ke RS.

(berlanjut ke Part 3 yaa, dicicil nulisnya)


Comments

Popular Posts