Rafka belajar ngaji

** tulisan ini di draft sejak Februari 2022 tapi baru di posting Mei 2023 😂

Assalamualaikum.

Hai hai jumpa lagi, gimana kabar semuanya? di penjuru dunia, ga ketinggalan Indonesia, lagi marak virus Covid varian Omicron nih, semoga pada sehat semua yaa :)

Tiba-tiba terlintas di pikiran "ntar kalo udah gede, rafka baca tulisan mamahnya di blog, mungkin bisa seneng yaa jadi keinget gimana dulu rafka pas kecil". Sayang banget cuma secuprit bangett momen masa balita rafka yang ditulis disini, kebanyakan di Instagram aja. Jadi rada nyesel dulu kenapa ga sering nulis. tapi yaa karena kondisi waktu juga si yang suka ga sempet. Well, masih ada waktu, yuk sekarang seringin nulis, insyaallah hihi

Kali ini pengen cerita soal perjalanan rafka belajar ngaji.

Rafka baru mulai diajak sholat, terus dituntun buat baca alfatihah tu ya baru-baru usia 3 atau 3.5 tahun. Waktu itu sempet baca-baca, mulai 3 tahun anak diperdengarkan dulu bacaan al-quran dan belum mulai iqra. Rafka juga belum nampak ada minat untuk duduk buat belajar baca gitu, dan aku ga mau memaksakan.

Sebelum tidur, aku baca surat-surat pendek dan kadang ngaji al-mulk di sebelah rafka. Tapi seringkali juga udah keburu ngantuk, jadi cuma baca doa sebelum tidur aja huhu. Kalo pake murattal dari device gitu rafka kurang suka karena bikin susah tidur. Doski kalo tidur suka suasana hening, nurun mamahnya wkwk.

Umur-umur 4 tahun rafka mulai tertarik sama game. Awalnya karena pandemi jadi rafka dapet jatah gadget nya nambah jadi 1.5-2 jam sehari, jadi kita putuskan untuk beli tablet biar ga make hp orang tua. Dari situ kita install game mewarnai dan belajar mengaji serta sholat. Nah, mulailah dari situ rafka mengenal huruf-huruf hijaiyah. Tapi hitungannya belum aku ajari iqra' yang runtun karena pernah dicoba cuman anaknya belum fase tertarik.

Jelang usia 4.5 tahun, kita sekeluarga pulang ke tanah air. Belilah kita buku iqra' dan dimulailah aku rutin mengajari rafka iqra' setiap habis maghrib. Daaan memang butuh sekali kesabaran 😄

Aku si tidak memaksakan rafka untuk mau duduk anteng belajar dalam waktu lama. Aku baca buku "Belajar membaca tanpa mengeja" dimana metodenya berdasarkan montessori, dikatakan bahwa kunci utamanya adalah membuat kegiatan belajar membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan. Durasinya pun ga perlu lama, 15 menit saja cukup. Terinspirasi dari itu, aku juga mengajak rafka mengaji cuma 10-15 menit. Udah alhamdulillah dia mau coba melihat huruf dan mengikutiku membunyikan hurufnya.

Alhamdulillah seiring dengan pembelajaran di sekolah, rafka bisa cukup cepat belajar mengenal huruf hijaiyah meski ya mau belajar ngajinya cuma 10-15 menitan di rumah. Itu juga kadang sambil gerak-gerak haha, tapi wajar banget anak balita apalagi laki-laki. Alhamdulillah nya juga dalam beberapa bulan rafka sudah naik ke iqra' 3. 

Terbantu sekali dengan pembiasaan mengaji di sekolah. Terutama untuk hafalan surat-surat pendek. Aku tidak menargetkan rafka harus hafal, hanya mencoba sering membacanya bersama dan meminta rafka mengikuti. Di sekolah pun demikian. Ternyata, mendengarkan dan mengulan-ulang surat di sekolah bersama bu guru dan teman-teman membuat rafka cepat sekali (tanpa sadar) hafal surat-surat pendek. Alhamdulillah ya rabb..

Semoga kedepannya rafka makin semangat belajar, memahami, dan mengamalkan al-qur'an ya nak.. aamiiin yaa rabbal alamiin.


Salam sayang, 

Mamah ayun







Comments

Popular Posts