Beasiswa LPDP #1_Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi merupakan tahap pertama seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia yang dikelola oleh LPDP. Semua dokumen dan data diri dikirimkan (submit) secara online. Metode ini sangat memudahkan karena kita tidak perlu khawatir akan adanya resiko selama berkas dikirimkan. Untuk program master dan doktoral dokumen yang wajib dikirmkan meliputi:
-                         -       Scan KTP
-       Surat rekomendasi oleh dosen pembimbing/tokoh masyarakat
(format sudah disediakan lpdp)
-       Ijazah pendidikan terakhir
-       Transkrip  pendidikan terakhir
-       Rencana studi
-       Esai dengan tema :
1.    Sukses terbesar dalam hidupku
2.    Peranku bagi Indonesia
-       Surat pernyataan (format sudah disediakan lpdp)
-       Surat izin belajar (bagi yang sedang bekerja)
            -    LoA, Letter of Acceptance (jika sudah ada)

Disamping dokumen-dokumen tersebut, pengisian data diri juga harus diperhatikan secara teliti dan sebisa mungkin dicicil. Mengingat poin yang harus diisi cukup banyak, mulai dari NEM SD hingga pendidikan terakhir, pengalaman organisasi dan seminar serta prestasi yang pernah diraih.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai persiapan seleksi administrasi berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil surfing di blog kakak tingkat ^^

1.    Untuk pelamar beasiswa dalam negeri, pastikan jurusan dan universitas tujuan terakreditasi A (dapat dicek di website BAN PT). Bagi pelamar beasiswa luar negeri pastikan universitas tujuan masuk dalam list 200 universitas terbaik dunia versi LPDP.
2.    Ijazah yang diupload tidak harus asli boleh menggunakan ijazah legalisir bagi yang ijazah aslinya “ditahan” oleh instansi missal instansi tempat bekerja. Dengan syarat transkrip harus tetap dimiliki.
Informasi ini saya peroleh via telepon dengan LPDP, karena ijazah saya masih disimpan oleh instansi penyandang beasiswa S1 saya (Kementrian Agama.red) ;)

3.    Untuk rencana studi, beberapa senior menggunakan sinopsis rencana riset beliau. Rencana studi saya sendiri memuat informasi mengenai:
ü  Jurusan, minat, dan riset di pendidikan terakhir
ü  Jurusan dan universitas tujuan
ü  Rincian mata kuliah yang ingin diambil, mencerminkan minat studi kita
ü  Rencana topik riset
ü  Manfaat studi kita bagi Indonesia

4.    Esay Sukses terbesar dalam hidupku
Menjelaskan tentang “kesuksesan” yang telah kita raih. Definisi kesuksesan kita sendiri yang menentukan. Saya sendiri di bagian awal esai menuliskan definisi kesuksesan menurut saya, dilanjutkan dengan pengalaman pribadi. D
isini akan terlihat karakter kita. Just be honest ;)

5.    Esay peranku bagi Indonesia
Sampaikan peran yang telah kita lakukan, semisal kita pernah melakukan pengabdian masyararakat bersama organisasi kita, pernah melakukan riset yang memberikan sumbangsih bagi Indonesia, dll.
Dan penting disampaikan pula peranan yang kita harapkan bisa kita berikan kepada Indonesia kedepannya sesuai dengan bidang studi kita.

6.    Surat pernyataan
Pada form surat pernyataan tidak dituliskan perlunya penempelan materai, namun nanti ketika seleksi wawancara, kita akan diminta untuk menyerahkan surat pernyataan yang bermaterai. Sehingga, menurut saya akan lebih baik jika sejak tahap seleksi administrasi, surat penyataan yan diupload adalah yang telah ditempeli materai dibagian tanda tangan.

7.    Sangat dianjurkan untuk meminta orang lain melakukan pengecekan terhadap kelengkapan berkas dan pengisian data di akun kita.

8.    Berdoa sebelum membuat akun, saat akan memencet tombol submit dan berdoa teruuuusss. Karena hanya dengan petunjuk dan pertolongan Tuhan perjalanan kita akan berhasil.

Sekian, semoga bermanfaat J

Comments

  1. Terima kasih sudah berbagi tulisan melalui blog. Saya salah satu yang membaca dan akhirnya berhasil. Teruntuk rekan lain yang kebetulan dokter dan ingin masuk spesialis, semoga tulisan saya di bawah ini bisa membantu.

    http://m.kompasiana.com/post/read/693688/1/tips-raih-beasiswa-spesialis-lpdp-ppds.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts