Mencari sekolah PAUD dan TK (kindergarten) di Belgia - Ghent



Hai hai, masih dalam momen mencari sekolah bauat anak, mau share sedikit yang aku tau soal tahapan nyari sekolah PAUD dan TK (kindergarten atau pre-school). Karena aku tinggalnya di Ghent jadi ini rada spesifik untuk sistem di Ghent yaa, untuk kota lain mungkin ada perbedaan. Tapi ntar aku bakal bagi juga link url info sekolah secara umum di Belgia*.

Biasanya, di akhir tahun bakal dapet tabloid dari pemerintah kota Ghent (Stad Gent) buat orang tua yang anaknya mau masuk sekolah (umur 2.5 tahun). Rafka kelahiran 2017, aku dapet tabloidnya akhir 2018, daftar sekolah tahun 2019 dan mulai masuk sekolah awal tahun 2020. Tabloid itu berisi kurang lebih soal prosedur pendaftaran sekolah di Ghent, daftar sekolah yang ada di Ghent beserta kontaknya, kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah, dan bagaimana pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus.

Ada 3 periode pendaftaran kindergarten dan primary (SD).
  • Oktober buat yang udah punya sodara di sekolah, atau yang orang tuanya kerja di sekolahan (kriteria 1)
  • Februari/ awal Maret: pendaftaran online buat yang ga masuk kriteria 1**
  • Pasca Easter holiday (Mei akhir-Juni): buat yang ga masuk kriteria 1 dan ketinggalan pendaftaran online 
Keuntungan pendaftaran online adalah kita bisa milih 4 sekolah. Nanti dari pihak kota akan memutuskan kita dapet sekolah mana, salah satu pertimbangannya adalah domisili dan lokasi kerja orang tua, disesuaikan dengan kuota yang ada di sekolah tersebut. Sebulan setelah pendaftaran, hasil diumumin, dilanjutkan dengan daftar ulang. Dari sini sekolah bisa tau jumlah siswa fix yang resmi teregistrasi di sekolah, sehingga bisa liat ada sisa kuota atau tidak untuk periode pendaftaran pasca easter holiday. Untuk yang kelewat atau ga ikut pendaftaran online, bisa daftar setelah periode daftar ulang ini (pasca easter).

Oya, sebelum daftar sekolah, kalo mau kita bisa survey dulu ke sekolah tersebut. Kita tingga kontak sekolahnya, lalu bikin appointment ato janjian kapan mau dateng. Nanti sama pihak sekolah bakal diajak muterin sekolahan. 

Oke selanjutnya setelah pendaftaran, untuk anak pra-TK, baru boleh masuk sekolah setelah 2.5 tahun. Jadi dalam setahun ada 7 periode intake yaitu bareng sama hari pertama sekolah pasca liburan:

* hari pertama setelah summer vacation (awal September)
* hari pertama setelah autumn holiday (awal November)
* hari pertama setelah Christmas holiday (awal Januari)
* hari pertama sekolah di bulan Februari 
* hari pertama setelah crocus holiday (awal Maret)
* hari pertama setelah Easter holidays (akhir April)
* hari pertama setelah Ascension Day (Mei)

Tapi untuk anak usia 3 tahun ke atas, bisa mulai masuk sekolah kapan aja.

Oya, di Ghent sendiri ada beberapa tipe sekolah (kindergarten maupun primary). Ada yang didasarkan pada agama (umunya nasrani, aku belum nemu sekolah berbasis Islam di Ghent) dan yang umum. Ada yang nasrani secara kurikulum (ada mata pelajaran keagamaan di sekolah, umumnya start dari SD) dan ada juga yang hanya inspired by the Christian value. Hal ini bisa diketahui dari baca website sekolah yang dicocokkan dengan kunjungan ke sekolah tersebut. Jadi kita bisa nanya langsung ke pihak sekolah juga ngeliat di sekolah tersebut dipasang simbol-simbol keagamaan atau tidak.
Sisi positif sekolah yang inspired by religion value adalah mereka cenderung lebih toleran juga kepada penggunaan simbol-simbol keagamaan agama lain (misal kerudung). Juga anak masih diperbolehkan berpuasa (di beberapa sekolah). Karena meraka dapat memahami seberapa penting ritual keagamaan bagi seorang penganut kepercayaan (believer).

Ada sekolah international juga, cuman mahaal..hehe. 
Secara umum, sekolah di Ghent gratis (selain international school yaa), baik yang milik pemerintah maupun swasta. Untuk TK maksimal 45 euro pertahun, ini dipake buat kegiatan kunjungan gitu itu. Detil biaya umumnya bisa dilihat di web masing-masing sekolah. Insyaallah nanti coba dibikin postingan soal biaya sekolah di Ghent.

Emm kayaknya gitu dulu sharing soal sekolah anak di Ghent. Kalo ada salah-salah info, boleh kasih koreksi yaa. Semoga bermanfaat 😄


*Link informasi sistem pendidikan di Ghent dan Belgia secara umum:
https://stad.gent/en/expats-ghent/living-and-working/education
**Pendaftaran sekolah: https://meldjeaan.gent.be/;
***Informasi persiapan anak sekolah (dari sisi tumbuh kembang anak): https://www.kindengezin.be/ontwikkeling/naar-school/ 









Comments

Popular Posts