Rafka goes to school

Di hallway daycare Rafka, November 2019 - Ayun

Dua pekan ke belakang, lagi deg-degan kepikiran Rafka mau mulai sekolah pra-TK, atau PAUD kali ya istilahnya di Indonesia. Kepikiran soalnya Rafka masih tidur siang dengan durasi 2 sampe 3 jam, sedangkan di sekolah yang baru engga ada alokasi jam tidur siang. Kebayang awal-awal Rafka bakal capek banget mana anaknya juga -biasanya- butuh waktu buat adaptasi dengan lingkungan baru.

November waktu jadwalnya konsultasi ke Kind en Gezin (posyandu), sempet nanyain ke dokter perlu engga ngelatih rafka buat ngurangin tidur siang biar pas sekolah ntar engga kaget-kaget amat. Kata dokter, ga perlu. Just follow the kid aja, let him grow by his own pace. Kalo kita paksain nanti dia jadi unhappy, gitu :D.
Nah terus dokternya bilang, di sekolah deket Kind en Gezin situ ada jam tidur siangnya dan ada ruangannya tersendiri. Wow, amaze dong aku nya. Karena belum pernah denger dari senior-senior disini ada sekolah yang nyediain jam tidur siang. Seneng dapet info baru tapi yaa mau gimana, Rafka nya udah terdaftar di sekolah lain. Mungkin hal-hal kayak gini disampein pas briefing pengenalan sekolah dari Stad Gent (pemerintah kota Ghent). Tapi waktu itu aku ga bisa ikut karena pas Rafka  sakit dan nyari di website umum pun ga nyebutin di beberapa sekolah ada yang nyediain jam tidur siang.

Kegalauan hati bunda berujung pada meng-email salah satu sekolah, sebut aja Sint-school. Dari info yang didapet, sekolah itu punya space khusus buat tidur siang siswa, khususnya yang pra-TK. Syukurlah cepet dibales dan yang bales direktur nya langsung. Beliau bilang masih ada satu slot buat intake Januari 2020 nanti. Lalu kita arrange appointment buat visitasi ke sekolah.

Pas hari visitasi, bu direktur bawa aku keliling sekolah, baik pre primary (kindergarden) maupun primary school (SD) nya. Sekolahnya terbilang gede, ada 2 kelas praTK, 3 kelas TK, dan beberapa kelas SD. Ruang tidur dan ruang makan berada di area praTK, hall indoor buat olahraga di satu tempat yang sama dengan SD. Anak kindergarden punya jadwal olahraga dua kali (masing-masing 1 jam) dalam seminggu. Halaman anak TK pun terpisah dengan SD jadi ga takut kena bola melayang dari anak SD 😂

Alhamdulillah, setelah visitasi hati jadi makin yakin insyaallah buat mindahin rafka ke sekolah yang ini. Meskipun jaraknya lebih jauh dari sekolah yang awal. Dan kata bu direktur kita ga perlu nunggu persetujuan dari sekolah lama untuk mindahin ke sekolah baru.
Hari jumat ini rencananya aku mau tanda tangan dokumen pendaftaran ke sekolah baru, semoga lancar yaa 😇 Semoga menjadi yang terbaik juga barokah bagi kehidupan rafka kedepannya, aamiin.

Tentang step by step pendaftaran sekolah di Belgia insyaallah bakal diceritain di postingan selanjutnya yaa, insyaallah.

Comments

Popular Posts